PALI, SIKAP Indonesia – Dalam upaya mempercepat pembangunan di bumi Serepat Serasan, Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),  awal  2019 yang lalu telah membentuk Tim Staf Khusus  Percepatan Pembangunan (TKPP).

Dalam geliatnya TKPP meroket bagaikan meteor melakukan perencanaan dan Indentifikasi serta  koordinasi diberbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga melahirkan kesimpulan yang akurat yang telah dikaji secara ilmiah, transparansi dan akuntabel.

Buktikan keseriusan (2/08/2020) TKPP usai memberikan paparan secara rinci dihadapan Sekretaris Daerah  Syahron Nazil, SH dan  jajaran OPD Serta Para Kepala Desa dalam lingkup Pemda PALI, langsung turun kelapangan melakukan Indentifikasi Potensi Desa secara serentak di tiga desa, meliputi Desa Tempirai Kec.Penukal utara, Desa Air Itam Kec. Penukal dan Desa Betung Kec.Abab.

Dalam kunjungan ini,  TKPP dipimpin langsung H. Nangali Solihin (Mantan Bupati Muara Enim) di ikuti 12 Tokoh propesional dari berbagai disiplin ilmu sebagai anggotanya, (Eftiyani, SH – Muhtar Jayadi, SH – Yuharudin, SE – Zulkipli AB,SE,MM – KH.Yuristian AH, SH – M.Nopriansyah, ST –  M.Meisyral aidil CES –  Drs, Irwansyah Jamal – H.Hasim,SE, Msi – Aryanto Dina, SE, AK – Kamirul, SE – Mulyadi, SH, MH), dan didampingi Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan Sunardin, SH dan Kadin PMD Agani Akhmad, SH,MM beserta  Jajarannya,  Staf Kecamatan,  Kepala Desa dan  Perangkatnya.

Menurut H.Nangali Solihin saat ditemui awak media ini dilokasi kunjungan di Danau Padang Tempirai, mengatakan bahwa Danau Padang Tempirai merupakan merupakan salah satu Potensi Desa yang harus dikelolah dengan baik yaitu dengan cara membuat Tanggul (Dam)  di jadikan peternakan/Keramba  ikan dan wisata, tentunya akan melahirkan sumber peningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD).

Lebih rinci mantan Bupati dua Kabupaten ini. (Muara Enim dan Musi Rawas), menjelaskan bahwa kemajuan suatu daerah/Kabupaten harus adanya partisipasi masyarakat mendukung segala kebijakan Pemerintah secara berkesinambungan sehingga keberhasilan Pembangunan dapat tercapai dengan cepat.

Meskipun wajah rentanya sudah terlihat, namun Tokoh wong PALI sekaligus perintis pemekaran Bumi Serepat Serasan ini tetap semangat mengajak generasi muda dan Masyarakat bersatu padu untuk membangun Kabupaten yang kita cintai ini. ..!!

Dilokasi yang sama, Kadin PMD Agani Akhmad, saat tanya seputar Penyerapan ADD dan DD, mengatakan, bahwa Penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD) dari tahun 2016 – 2020, dibidang Pembangunan Fisik terserap 34%, dibidang Kegiatan Pendukung Penyelenggara Pemerintahan Desa 30%, dibidang Pemberdayaan Masyarakat 11% dan dibidang Pembinaan Masyarakat Desa terserap 25 %, sedang untuk Dana Desa (DD) dari tahun 2015-2020, terserap 75% dibidang Pembangunan fisik,  24% dibidang Pemberdayaan Masyarakat dan 1% dibidang Kegiatan Pendukung penyelenggara Pemerintahan Desa.

Lebih luas Agani Akhmad mantan Kabag Hukum ini, menguraikan bahwa keberhasilan pembangunan prasarana dasar desa-desa binaannya, tidak terlepas dari dorongan dan keseriusan Bapak Bupati H.Heri Amalindo,MM untuk mempercepat proses Pembangunan di segala bidang dalam wilayah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), terkhusus dibidang infrastruktur.

Lebih dari itu untuk kedepan Pemda PALI tetap berkomitmen dan berupaya semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat Penukal Abab Lematang Ilir…tutupnya.

Tak lupa mengucapkan terima kasih dan apreasiasi kepada Bupati H.Heri Amalindo,MM dan TKPP, Muhamad Jonot Kepala Desa Tempirai mewakili Masyarakat se Tempirai Raya, atas terpilihnya Desa Tempirai untuk dijadikan target pembangunan wisata dan peternakan/Keramba ikan sehingga nilai ekonomis Masyarakat dapat bertambah dengan baik….fungkas. (Suharto)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *