Muara Enim, SIKAP Indonesia – Pelaksanaan Panen Raya Padi Sawah IP 200 (Ume Sele) dilaksanakan di Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim Propinsi Sumatera Selatan pada Kamis (20/8/20).

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH hadir langsung ke lokasi Panen Raya Padi Sawah IP 200 (Ume Sele).

Turut hadir pada kesempatan ini, Sekda Muara Enim, Ir. Hasanudin, M.Si, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, sejumlah Anggota DPRD Muara Enim, sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Muara Enim, dan Camat Ujan Mas, Drs. Sugiharto

Selain dari pelaksanaan Panen Raya Padi Sawah IP 200 (Ume Sele),Gubernur Sumsel, H Herman Deru juga memberikan bantuan kepada para petani di Desa Pinang Belarik berupa 2 unit Corn Sheller, 4 unit Power Thresher, dan 2 unit Power Threser Multiguna.

Disela kegiatan ini juga Gubernur Sumatera Selatan melakukan kegiatan Gebrak Masker, yakni pembagian masker kepada siswa-siswi dan tenaga pendidik oleh Tim PKK Kabupaten Muara Enim yang dipimpin Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Dra Hj Nurlhilyah Juarsah.

Dalam penyampaian Bupati Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang datang langsung ke petani, hal ini tentu merupakan salah satu bentuk penyemangat kepada petani menghadapi masa-masa sulit di tengah pandemi Covid-19.

Bupati juga berharap dari Panen Raya Padi Sawah IP 200 (Ume Sele) ini menjadi modal Kabupaten Muara Enim untuk menjadi kabupaten yang mampu menjadi Lumbung Nasional Swasembada Padi.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaturkan terima kasih kepada masyarakat Desa Pinang Belarik khususnya Kepala Desa yang telah mengajak kami untuk melakukan panen raya bersama. Dengan datangnya kami bersama Anggota DPRD Sumsel dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Sumsel ke desa  agar bisa mendengar permasalahan di desa dan segera untuk mengatasinya.

Gubernur menambahkan Tahun 2019 Sumatera Selatan merupakan Provinsi 5 Besar Provinsi Penghasil Pangan Nasional, kedepan kami berharap Provinsi Sumatera Selatan dapat menjadi 3 Besar Penghasil Pangan Nasional.

Diakhir acara Gubernur mengatakan akan memberikan bantuan mesin panen padi untuk Desa Pinang Belarik apabila dapat meningkatkan produksi padinya. Saat ini Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujan Mas memiliki sawah tadah hujan seluas 83 hektar dengan target produksi Nasional di tahun 2020 ini sebesar 59,15 juta ton gabah. (ac/red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *